Kamis, 01 November 2012

BAHASA INDONESIA


PARAGRAF
Paragraf atau alinea adalah seperangkat kalimat yang membahas satu topik atau hanya menayacu pada satu gagasan pokok.Jadi, suatu paragaraf tidak boleh mengandung dua topik.Topik dituangkan ke dalam suatu kalimat yang disebut dengan kalimattopik atau kalimat utama.Berdasarkan letak kalimat utamanya,paragraf di bedakan atas:
1.Paragraf deduktif
    paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik,kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat topik tersebut.
2.Paragraf induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang  di mulai dengan mengemukakan  penkelasan-penjelasan kemudian baru diakhiri dengan kalimat topik.
3.paragraf variatif atau campuran
paragraf variatif atau campuran adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik,dan diakhiri dengan kalimat topik.kalimat topik yang ada pada akhir paragraf merupakan penegasan dan awal paragraf.
4.paragraf naratif/diskripsi
      paragraf naratif/diskripsi adalah paragraf yang pikiran utamanya tidak di nyatakan secara jelas dalam paragraf itu.Jadi,pikiran utamanya terbesar di seluruh kalimat yang membangun paragraf tersebut.
Berdasarkan fungsinya,paragraf dibedakan atas:
1.paragraf pembuka
      1.paragraf pembuka berperan sebagai pengantar untuk sampai pada masalah yg akan diuraikan.paragraf pembuka harus dapat menarik minat pembaca.serta sanggup menyiapkan pikiran pembaca pada masalah yg akan diuraikan.
2. paragraf penghubung masalah yg diuraikan terdapat dalam paragraf penghubung.Jadi, paragraf ini persoalan yg akan diuraikan.
3. paragraf penutup
 paragraf penutup berisi kesimpulan dari paragraf penghubung atau dapat juga berisi penegasan kembali mengenai hal-hal yg  dianggap penting dalam paragraf penghubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar